Cara Mudah Menghasilkan Leads Dan Penjualan Online Dengan Website Mobile Friendly

Next Digital » Blog » By Fadli Zufwari On

Di era sekarang ini, pengguna Smartphone seperti tidak terelakkan lagi, khususnya bagi masyarakat Indonesia. Ada sekitar 80% orang Indonesia yang saat ini menggunakan Smartphone/mobile phone sebagai pendukung aktifitas hariannya. Semua hal dan informasi yang ingin mereka ketahui, ataupun mencari solusi dari sebuah masalah, maka akan langsung dicari dan diawali dari Smartphone mereka.

 

Bahkan, data dari Google Consumer Survey tahun 2014 – 2015, menyatakan bahwa ada 78% orang Indonesia setiap harinya, yang menggunakan Smartphone untuk melakukan pencarian terhadap kategori perabotan rumah tangga.

 

Ini membuktikan bahwa untuk mencari hal kecil sekalipun mereka sudah tidak melirik iklan di majalah, Koran, bahkan baliho! Mereka kini lebih percaya dengan pencarian secara mobile, yang dinilai lebih tepat sasaran dengan apa yang dinginkan, dan lebih efisiensi waktu

 

Lantas, Mengapa bisnis yang Anda jalankan tidak memanfaatkan peluang ini?

 

(Baca juga: Pentingnya User Experience Mobile Site Bagi Bisnis Online Di Indonesia 2017)

 

 

pentingnya loading yang cepat bagi website mobile yang responsif - nexti digital indonesia - digital agency - web agency  indonesia

Mengapa harus website mobile-friendly?

Oke, mungkin Anda sudah memiliki website untuk produk atau brand yang Anda miliki. Namun itu saja saat ini tidak cukup! Seperti yang telah dijelaskan diatas sebelumnya bahwa sekarang konsumen lebih menyukai mencari segala sesuatu melalui Smartphone, sehingga untuk memenangkan persaingan tersebut pula, Website yang Anda miliki harus bersifat ‘mobile-friendly’.

 

(Cari tahu Apakah website Anda sudah mobile-friendly atau tidak, DISINI)

 

Apakah yang dimaksud dengan website mobile-friendly? Secara umum, website mobile-friendly adalah sebuah website yang sesuai dan cocok bila dibuka di perangkat mobile, tanpa harus terkendala loading yang lama, ataupun tampilan yang acak-acakan ketika di akses di Smartphone baik itu Android, maupun iOS (iphone).

 

Karena menurut data dari Google, 75% pengguna Smartphone akan meninggalkan website yang mereka akses bila respon atau loadingnya membutuhkan waktu lebih dari 5 detik. Ini menunjukkan bahwa kecepatan akses adalah segalanya bagi website mobile-friendly.

 

Proses pembuatan ataupun pengubahan website menjadi mobile friendly juga tergolong sangat mudah, karena hanya membutuhkan satu kali pembuatan dan bisa langsung diaplikasikan di segala platform. Selain itu untuk proses updatenya pun cukup mudah. Dan yang terpenting, tidak terlalu memakan banyak biaya.

(Baca Juga: Cara Mudah Dapatkan 1 juta Download User Bagi Aplikasi Mobile Anda! )

fakta website mobile friendly dan keuntungannya bagi bisnis - next digital indonesia - digital agency - web agency indonesia

Bagaimana menciptakan sebuah website Mobile-Friendly yang disukai konsumen?

Selain loading yang cepat, ada hal lain juga yang harus diperhatikan untuk menciptakan sebuah website yang mobile-friendly, yaitu tampilan yang tidak acak-acakan serta mudah dimengerti oleh konsumen. Setidaknya ada beberapa hal yang harus diperhatikan untuk membuat tampilan mobile yang baik, antara lain:

 

  • Menciptakan pesan ajakan yang menarik di halaman depan (utama) dari website mobile-friendly.
  • Menciptakan sebuah menu singkat yang sederhana dan mudah dimengerti konsumen.
  • Selalu permudah para pengunjung untuk kembali ke Home Page (halaman utama) mobile website Anda.
  • Pastikan proses navigasi pencarian dapat dilihat dengan mudah dan jelas oleh konsumen.
  • Jangan lupa untuk menciptakan advance search (pencarian lebih lanjut) untuk mempermudah pencarian konsumen.
  • Ingat! Biarkan konsumen mencari tahu apa yang mereka inginkan di mobile website Anda tanpa harus sign up, sebelum mereka memutuskan untuk membeli.
  • Pergunakan informasi yang sudah ada untuk meningkatkan kenyamanan pengguna.
  • Permudah konsumen ketika membeli dengan menyediakan check out guest.
  • Berikan konsumen kemudahan dalam mengisi form register, seperti misalnya menampilkan keyboard angka, menampilkan dropdown menu, serta menampilkan kalender visual.

 

Kesimpulan

Kita semua sudah saling mengetahui bahwa di era sekarang ini telah terjadi perubahan perilaku para pengguna Internet di dunia. Dari yang dulunya mengakses melalui desktop (PC, laptop), maka sekarang lebih memilih mobile phone dengan alasan efisiensi. Untuk itu, jangan mau kehilangan peluang dengan tidak mengikuti tren dan perkembangan yang ada.

 

website mobile-friendly adalah kenyataan masa depan yang tidak terelakkan bagi pemasaran online. Dan ini juga sebagai jalan mudah agar Anda selangkah didepan kompetitor.

 

Sebagai salah satu Digital Agency, dan Web Agency Indonesia terbaik, kami siap membantu Anda untuk menciptakan sebuah website bisnis yang mobile-friendly, dapat bersaing dengan kompetitor, dan tentunya mampu menggiring banyak leads serta meningkatkan penjualan bagi bisnis Anda. Jadi, sudah siapkah menyambut perubahan?  Segera hubungi kami DISINI

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Fadli Zufwari

Fadli Zufwari bergabung di Next Digital Indonesia sebagai Creative Content Writter. Fadli memiliki hobi bermain musik dan menggambar ilustrasi serta seorang Digital Marketing enthusiast dan adrenaline junkie. "know your past to know your future"


Let's Connect.

PT. Nadi Digital Indonesia
Business Park Kebon Jeruk
Jl. Meruya Ilir No 88, Blok i no. 7
Jakarta Barat, 11620
t +62 21 3006 7981
e [email protected]

 

Be a part of our team.
e [email protected]