Facebook Lead Ad merupakan salah satu cara yang paling efektif bagi Anda para pebisnis, untuk melakukan promosi/iklan produk ataupun layanan yang anda tawarkan secara online melalui sosial media. Dengan menggunakan Facebook Lead Ad, calon pelanggan yang dirasa cukup berpotensi dapat mendaftar terlebih dahulu (sign up) dan mengisi beberapa data informasi mereka bila tertarik dengan yang anda tawarkan. Dengan melakukan proses pendaftaran ini, anda bisa mendapatkan data dan informasi mereka secara akurat agar tetap dapat mem-‘follow up’ mereka di kemudian hari agar berakhir kepada penjualan.
Jadi dengan kata lain, ketika anda pertama kali membuat sebuah Facebook Lead Ad maka anda telah mendapatkan dua kemudahan sekaligus. Pertama, menciptakan sebuah iklan yang efektif dan kemudian kemudahan mendapatkan data informasi pelanggan.
(Baca juga: 5 Teknik Rahasia Paling Efektif Untuk Social Media Ads)
(Baca juga: Memaksimalkan Sosial Media Untuk Pemasaran Bagi Para Pelaku E-Commerce)
Untuk lebih lanjutnya, Next Digital Indonesia akan membagikan beberapa langkah mudah dan praktis untuk memperoleh pelanggan yang berpotensi, dengan menggunakan Facebook lead Ad.
Langkah 1: Menentukan Audience
Anda bisa menarik audience sesuai dengan yang diinginkan ntuk mendapatkan data dan informasinya, dengan beberapa pilihan yang disediakan oleh Facebook. Seperti menentukan target audience berdasarkan demografis atau juga bisa menentukan target berdasarkan minat dan kesukaan mereka.
Tips: anda bisa lebih mengoptimalkan penargetan audience berdasarkan ‘kemiripan audience’ dengan pelanggan terbaik yang anda miliki saat ini. Dengan kata lain, jika target audience yang anda incar memiliki kesamaan minat dan kesukaan dengan pelanggan yang sudah anda miliki, maka akan lebih mudah menarik mereka yang belum menjadi pelanggan untuk memberikan penilaian positif bagi bisnis anda.
Langkah 2 : Menyiapkan penawaran Terbaik
Dengan mengatur secara tepat jumlah penawaran harga (bidding) untuk iklan yang akan anda lakukan di Facebook Lead Ad, akan membawa iklan tersebut berada di posisi teratas hingga menjadi prioritas Facebook.
Dan untuk memudahkan anda, Facebook pun juga memberikan dua pilihan tipe bidding, antara lain:
- Penawaran secara otomatis: Dengan menggunakan sistem lelang iklan yang disediakan Facebook, secara otomatis akan menyesuaikan jumlah penawaran anda dengan kemungkinan Leads yang bisa didapat dengan anggaran yang dimiliki.
- Penawaran secara manual: dimana anda harus menentukan sendiri tiap tiap jumlah biaya dari tiap lead
Tips: untuk mengoptimalkan Facebook lead ad, mengatur penawaran yang cukup tinggi bagi iklan sangat penting untuk mendapatkan jangkauan yang cukup bagi Iklan anda. Sebagai awal, lebih bak anda melakukan strategi penawaran secara otomatis. Setelah beberapa waktu, barulah anda bisa beralih strategi dengan menggunakan penawaran secara manual.
Langkah 3: Menciptakan Kreatifitas Anda Sendiri
Iklan anda muncul di beranda Facebook, itu biasa. Yang menjadi luar biasa adalah bagaimana iklan anda menarik perhatian banyak audience yang melihat beranda Facebook tersebut. Anda bisa mendapatkan perhatian banyak audience dengan cara menciptakan sebuah pendekatan secara kreatif, seperti membuat sebuah ilustrasi, foto, ataupun video terkait agar mereka tertarik untuk bergabung dan mengisi data dan informasi terhadap apa yang anda tawarkan.
Tips: gunakan satu atau dua tipe format pendekatan secara kreatif seperti foto ataupun video yang dapat memancing perhatian.
Langkah 4: Menciptakan Formulir Anda Sendiri
Agar audience tertarik untuk memberikan dan mengisi data informasi mereka, anda harus menciptakan sebuah formulir isi yang baik dan menarik. setidaknya ada dua hal yang harus diperhatikan untuk membuat sebuah formulir isian yang tepat yaitu daftar pertanyaan anda untuk mendapatkan data dan informasi calon pelanggan, dan yang kedua adalah sebuah link yang menuju kepada kebijakaran privasi dari bisnis anda.
Tips: selalu pastikan bahwa formulir yang anda buat tidak terlalu panjang, simple dan hanya memiliki beberapa pertanyaan pembuka dan penutup. Cobalah untuk menyajikan sebuah pilihan ganda untuk menjawab guna mendapatkan informasi yang sama.
Berikut adalah contoh pembuatan formulir yang tepat dan efektif:
Langkah 5: Lead Follow up
Dengan segera melakukan proses follow-up pada tiap calon pelanggan anda, maka dapat mendorong calon pelangaan kepada proses transaksi yang berakhir pada penjualan produk atau layanan anda, sekaligus memastikan bahwa anggaran anda digunakan secara efisien.
Tips: jadikan proses follow-up yang anda lakukan menjadi lebih mudah dengan memadukan Facebook lead ads dengan beberapa marketing tools yang anda miliki.
Demikianlah beberapa langkah mudah untuk membangun sebuah Facebook Lead ad yang efektif agar dapat menjaring banyak calon pelanggan yang berpotensial, yang akan berujung kepada pembelian (sales) produk atau jasa anda. untuk lebih mengoptimalkan langkah-langkah diatas tersebut, anda bisa mempercayakan kepada kami, Next Digital Indonesia agar mendapatkan hasil yang lebih maksimal.
Bergabunglah untuk menjadi bagian dari salah satu kisah sukses para pebisnis online Indonesia yang telah bekerjasama dengan kami, Next Digital Indonesia, salah satu Digital Agency Terbaik di Indonesia, yang memberikan solusi terbaik pengembangan bisnis online anda.