Panduan Cara Meningkatkan Page Speed Website Anda

meningkatkan page speed website

Tidak ada yang menyukai situs web yang lambat. Ketika halaman web membutuhkan waktu terlalu lama untuk dimuat, Google tidak hanya memperhatikan, tetapi pengguna cenderung untuk pindah dan menemukan halaman lain yang akan menjawab pertanyaan mereka lebih cepat. Kecepatan halaman yang lambat menghalangi pengguna untuk tetap berada di situs web Anda terlepas dari bagaimana mereka menemukan Anda – baik melalui pencarian organik, iklan berbayar, atau tautan rujukan. Untuk itu, jika Anda ingin meningkatkan Page Speed halaman website Anda demi pengguna dan peringkat keyword SEO Anda, Anda perlu melakukan beberapa cara berikut.

 

Apa itu Page Speed?

Page Speed adalah jumlah waktu yang diperlukan untuk memuat halaman web. Page Speed ditentukan oleh beberapa faktor berbeda, termasuk server situs, ukuran file halaman, dan kompresi gambar.

 

Mengapa Page Speed Penting?

skor pagespeed
Source Image : site-analyzer.pro

Page Speed adalah faktor penting dalam menentukan peringkat situs web Anda lebih tinggi di hasil mesin pencari Google. Jika situs web Anda tidak setara dengan 10 halaman teratas, Anda tidak akan mendapat peringkat di halaman pertama. Jadi, berfokus pada Page Speed sangat penting untuk memiliki perusahaan yang sukses dan situs web yang berkonversi. Selain itu, alasan lain mengapa Page Speed itu penting diantaranya:

  • Mempengaruhi Pengalaman Pengguna

Anda tentunya ingin pengunjung mendapatkan pengalaman yang baik, cepat, dan lancar selama mengunjungi situs Anda. Setiap penundaan atau kelambatan akan mempengaruhi tindakan mereka.

  • Mempengaruhi Analisis

Secara umum, situs yang lebih cepat akan mencatat lebih banyak pengunjung karena tag analytics menjadi lebih cepat. Sedangkan, jika seseorang keluar sebelum tag diaktifkan, mereka tidak akan dicatat dalam sistem analitik.

  • SEO

Google telah menggunakan Page Speed sebagai faktor peringkat sejak 2010. Singkatnya, situs web yang memuat lambat dapat merusak peringkat Google Anda.

 

Cara Mengukur Page Speed

skor desktop ndi

Karena ada banyak faktor berbeda yang menentukan Page Speed, maka cara untuk mengukur kecepatan halaman pun berbeda-beda. Berikut adalah tiga yang paling umum:

  • Fully Loaded Page/Halaman yang Dimuat Penuh

Ini mengukur berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk memuat 100% sumber daya pada halaman. Ini adalah cara paling mudah untuk menentukan seberapa cepat halaman dimuat.

  • Time to First Byte

Ini mengukur berapa lama waktu yang dibutuhkan halaman untuk memulai proses loading. Jika Anda pernah mendarat di halaman dan menatap layar putih selama beberapa detik, itu adalah Time to First Byte yang sedang bekerja.

  • First Meaningful Paint/First Contextual Paint

Ini mengukur waktu yang dibutuhkan halaman untuk memuat cukup sumber dayanya agar pengguna dapat membaca konten di halaman itu. Misalnya, katakanlah Anda memiliki blog yang membutuhkan waktu 10 detik untuk dimuat sepenuhnya.

 

Alat untuk Mengukur Page Speed

Sebelum Anda dapat meningkatkan Page Speed Anda, Anda perlu mengetahui kecepatan Anda saat ini. Untuk itu, Anda bisa menggunakan berbagai alat atau tools untuk mengukur Page Speed. Beberapa diantaranya:

  • Page Speed Insights

skor mobile ndi

Tool gratis yang menganalisis konten laman web tertentu dan memberikan skor kecepatan laman untuk versi seluler dan desktop laman tersebut. Alat ini juga mengidentifikasi peluang untuk pengoptimalan dan membuat rekomendasi khusus untuk perbaikan. Page Speed Insights adalah salah satu dari banyak alat audit Page Speed yang tersedia untuk pemilik situs, tetapi sejauh ini yang terbaik bagi mereka yang tertarik untuk meningkatkan kecepatan untuk tujuan SEO. Dengan Page Speed Insights, pemilik situs dapat melihat secara detail bagaimana Google memahami kinerja teknis halaman mereka.

  • WebPageTest

webpagetest
Source Image : webpagetest.org

WebPageTest.org adalah alat pengujian kinerja situs web sumber terbuka yang memungkinkan Anda untuk membandingkan situs web Anda dari salah satu dari 40 lokasinya dan berbagai perangkat. Anda juga dapat memilih untuk mensimulasikan pengujian Anda melalui jaringan seluler yang lambat atau jaringan 4G yang cepat. Hasilnya akan dinilai dari F ke A dan akan mencakup informasi tentang kompresi, TTFB, caching, grafik air terjun untuk kecepatan memuat sumber daya, dan banyak lagi. Ini juga menampilkan tes yang agak khusus di mana mereka menjalankan tes 3 kali dan menampilkan ketiga set data. Ini membantu mengetahui apakah DNS atau CDN dapat menyebabkan penundaan dan apakah server dapat menanggapi semua permintaan.

  • GT-Metrix

Source Image : gtmetrix.com

GTmetrix memungkinkan Anda mendapatkan informasi mendetail tentang kecepatan halaman, pengaturan waktu, skor performa, dan banyak lagi. GTmetrix juga memberikan informasi tentang cara memperbaiki masalah yang terungkap setelah pengujian. Tanpa mendaftar, Anda hanya dapat menjalankan tes dari satu lokasi di Vancouver, Kanada, tetapi setelah Anda mendaftar untuk mendapatkan akun gratis, Anda akan dapat memilih lokasi, browser yang berbeda, dan bahkan jenis koneksi. Ini akan memberikan gambaran yang lebih baik tentang cara kerja situs web Anda dalam skenario yang berbeda.

 

Cara Meningkatkan Page Speed Website

Dengan tools di atas, inilah cara meningkatkan Page Speed situs Anda.

  1. Kompres Gambar

Penyebab terbesar halaman lambat dan skor rendah adalah gambar yang terlalu besar. Gambar memberikan dampak besar pada kecepatan. Salah satu cara optimasi teratas untuk memperbaiki ukuran gambar adalah kompresi. Anda dapat menghemat rata-rata 50 persen atau lebih pada ukuran gambar dengan menggunakan alat kompresi sederhana.

  1. Gunakan Cache Browser

Ini memungkinkan pengguna menyimpan bagian halaman Anda di cache browser mereka. Jadi, lain kali saat mereka mengunjungi situs Anda, itu menjadi JAUH lebih cepat. Sayangnya, ini tidak berlaku untuk pengunjung pertama kali. Tapi, itu bagus untuk meningkatkan Page Speed Anda untuk orang-orang yang telah mengunjungi situs Anda sebelumnya. Adapun Anda dapat mengatur cache browser dengan plugin.

  1. Perkecil HTML, CSS, dan JavaScript Code Anda

Meminimalkan ruang yang dibutuhkan oleh coding CSS, HTML, dan JavaScript Anda adalah faktor besar lainnya dalam mendapatkan skor sempurna dari Google. Minifikasi (minify) adalah proses menghapus atau memperbaiki data yang tidak perlu atau digandakan tanpa memengaruhi cara browser akan memproses HTML. Ini melibatkan memperbaiki code, memformat, menghapus code yang tidak digunakan, dan memperpendek code bila memungkinkan. Sekali lagi, berkat opsi plugin yang luar biasa, Anda tidak perlu menjadi jago coding untuk memperbaikinya.

  1. Tingkatkan Waktu Respons Server Anda.

Google menyarankan untuk memiliki waktu respons server di bawah 3 detik. Server yang lambat dapat disebabkan oleh beberapa hal, termasuk host situs web Anda. Itu bisa juga karena Anda berbagi server dengan jutaan situs web lain. Jadi, jika Anda serius ingin meningkatkan Page Speed situs Anda, mungkin sudah waktunya untuk meningkatkan hosting atau server. Adapun salah satu tip berguna untuk menyelesaikan masalah terkait server adalah dengan menggunakan Google Cloud. Google Cloud melindungi data, aplikasi, infrastruktur, dan pelanggan Anda dari aktivitas penipuan, spam, dan penyalahgunaan dengan infrastruktur dan layanan keamanan yang sama yang digunakan Google. Jaringan, penyimpanan data, dan layanan komputasi Google Cloud menyediakan enkripsi data saat diam, saat transit, dan saat digunakan.

page speed

Itulah panduan cara meningkatkan Page Speed halaman website Anda. Untuk dapat berhasil meningkatkan Page Speed website Anda dan mendapatkan skor yang sempurna, Anda membutuhkan tenaga profesional. Untuk itu, kami merekomendasikan Next Digital Indonesia.

Next Digital Indonesia

Next Digital Indonesia adalah digital marketing agency ternama yang memiliki pengalaman dan alat untuk membantu bisnis Anda menjangkau pasar potensial yang lebih luas melalui digital advertising. Sebagai digital marketing agency ternama dan terpercaya, Next Digital memiliki tim web berpengalaman yang siap membantu Anda mengelola website Anda, termasuk meningkatkan Page Speed website. Adapun dalam hal meningkatkan Page Speed website, Next Digital menyediakan layanan Google Cloud serta selalu menggunakan tools dan plugin premium. Untuk informasi lebih lanjut, bisa Anda peroleh melalui website official Next Digital Indonesia di nextdigital.co.id.

Avatar
Rian
Rian bergabung di Next Digital Indonesia sebagai SEO Specialist. Rian memiliki hobi bermain game dan suka musik.