Cara Meningkatkan ROAs dengan Facebook Custom Lookalike Audience

Facebook Custom Lookalike Audience

Teknologi Facebook Custom Lookalike Audience dapat membantu Anda menemukan pelanggan baru. Ini adalah alat segmentasi Facebook yang ampuh untuk penargetan iklan Facebook yang lebih baik, yaitu dengan cara mempelajari pelanggan Anda untuk menemukan orang-orang baru yang juga cenderung akan menjadi pelanggan Anda. Tidak hanya itu, teknologi ini juga dinilai dapat membantu Anda meningkatkan Return On Ads Spending (ROAs) bisnis Anda. Baca terus untuk mengetahui cara meningkatkan Return On Ads Spending (ROAs) bisnis Anda dengan teknologi Facebook Custom Lookalike Audience pada iklan Facebook Anda.

 

Apakah Facebook Custom Lookalike Audience Itu?

Facebook Custom Lookalike Audience adalah teknologi yang diciptakan oleh Facebook untuk mempelajari dan mem-profile audiens berdasarkan behavior, buying cycle, dan website visit. Melalui teknologi ini, Anda dapat menjangkau orang-orang yang mirip dengan pelanggan Anda saat ini. Mereka juga meningkatkan kemungkinan menghasilkan prospek berkualitas tinggi dan menawarkan lebih banyak nilai pada belanja iklan Anda.

 

Cara Kerja Facebook Lookalike Audience

Facebook Lookalike Audience memungkinkan para advertiser memberikan list berupa data yang berisikan email customer yang pernah membeli sebelumnya kepada Facebook. Data tersebut kemudian digunakan oleh Facebook untuk men-track atau mencari orang (customer baru) yang memiliki behavior dan buying cycle yang mirip dengan list yang diberikan. Oleh karena itulah, ini dianggap sebagai pencari audiens yang canggih untuk para pemasar. Anda hanya perlu memberi tahu Facebook apa yang Anda sukai dari seorang pelanggan, dan Facebook akan memberikan segmen audiens baru yang diisi dengan prospek yang memenuhi kriteria Anda. Dengan demikian, Anda tidak perlu lagi menebak-nebak atau menduga-duga target market Anda.

 

Mengapa Facebook Lookalike Audience itu Penting?

Meskipun Anda mungkin memiliki ide bagus tentang siapa pelanggan ideal Anda, namun teknologi Facebook Lookalike Audience ini mampu membedah pengikut dan basis pelanggan Anda yang ada untuk menemukan kesamaan mereka. Facebook memanfaatkan banyak sekali data pelanggan untuk menghubungkan titik-titik di antara target audiences Anda, membantu Anda menemukan pelanggan berkualifikasi tinggi yang sebelumnya tidak dapat Anda jangkau.

 

Keuntungan Menggunakan Facebook Lookalike Audience

Selain memudahkan Anda dalam mendapatkan audiens atau prospek berkualitas tinggi, Anda juga bisa mendapatkan berbagai keuntungan lainnya dari menggunakan teknologi Facebook Lookalike Audience ini. Berikut adalah berbagai keuntungannya.

  1. Mudah dibuat dan diterapkan

Itu menjadikannya alat pemasaran yang sangat kuat untuk menemukan pengguna dengan konversi tinggi secara efisien.

  1. CTR (Click Through Rate)

Dengan menggunakan Facebook Lookalike Audience, maka dapat dipastikan audiens yang melihat iklan akan memiliki kenaikan CTR sebanyak 80% dari behavioral ads biasanya.

  1. CPA (Cost Per Acquisition)

Dengan menggunakan Facebook Lookalike Audience, maka CPA akan mengalami kenaikan yang drastis, yaitu sebanyak 60% dari biasanya.

 

Tips Bagi Anda yang Belum Memiliki Database

Facebook Custom Lookalike Audience dibentuk berdasarkan sumber audiens. Anda dapat membuat sumber audiens menggunakan data customer list. Namun, bagi Anda yang belum punya database berupa customer list, Anda tetap dapat menggunakan teknologi Facebook Custom Lookalike Audience ini dengan menggunakan demografi dan interest. Contoh, hobi: fotografi, video, atau musik. Dengan interest ini, Facebook dapat memperoleh segmen audiens baru yang memiliki hobi dan niche yang sama, sehingga Anda dapat memperoleh target market yang berkualitas tinggi dan sesuai dengan kriteria Anda. Hal ini pun sangat efektif, terutama bagi Anda yang belum mempunyai customer list atau baru memiliki bisnis.

 

Itulah bagaimana cara meningkatkan Return On Ads Spending (ROAs) bisnis Anda dengan teknologi Facebook Custom Lookalike Audience untuk iklan Facebook Anda. Semoga bermanfaat! Untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai teknologi Facebook Custom Lookalike Audience ini, Anda bisa menonton video di bawah ini. Jangan lupa juga temukan lebih banyak informasi seputar digital marketing hanya di https://nextdigital.co.id/!

Avatar
Zunvindri
Zunvindri bergabung di Next Digital Indonesia sebagai Content Writer. Zunvindri memiliki hobi menulis, menonton drama dan film, serta travelling.