Cara Membuat Button WA Di WordPress

Cara Membuat Button WA Di WordPress

Jika Anda mengunjungi suatu website biasanya Anda akan menemukan logo whatsapp button pada website. Adanya whatsapp button dalam website umumnya digunakan pada website komersial, jual beli maupun website yang membutuhkan komunikasi dan interaksi antara pengunjung atau visitor dengan admin website tersebut. Sehingga ketika pengunjung membuka website, mereka bisa langsung klik whatsapp button untuk berkomunikasi dengan admin web untuk mengetahui informasi atau keterangan lebih lanjut maupun untuk melakukan transaksi jual beli dan konsultasi.

Selain itu, Whatsapp button pada WordPress juga berguna untuk tracking seberapa banyak orang yang mengunjungi website Anda.

Jika Anda ingin mendapatkan yang versi gratis, Anda bisa menginstalnya dan mengaktifkannya lewat dashboard WordPress Anda. Selain itu, jika Anda menggunakan versi premium, Anda bisa mendapatkannya melalui situs Buttonizer.

Tombol Buttonizer akan berada di sudut situs web Anda dan akan terbuka ketika pengunjung website Anda mengklik button WA tersebut.

Berikut ini cara menambahkan whatsapp button pada website yang dibuat menggunakan WordPress:

  1. Pastikan bahwa Anda telah Log in ke dashboard WordPress.
  2. Setelah itu, Pilih PluginsAdd New pada sidemenu dashboard.cara instal plugin wa
  3. Pilih Upload Plugin, lalu cari plugin dengan keyword “Buttonizer”cara instal buttonizer wordpress

     

  4. Setelah aktif, maka Anda akan diarahkan dengan tampilan seperti di bawah iniactivate plugin

Jika ingin mengubah nama (rename) Anda bisa klik icon 3 titik yang ada di sebelah kanan.

rename plugin buttonizer

Pada buttonizer, Anda dapat membentuk kelompok (Group) untuk button-button yang akan ditampilkan. Pada New Group, Anda dapat mengatur generalstyle, dan advanced 

  • General : Untuk pengaturan secara general seperti label, posisi, dan menu style
  • Style : untuk pengaturan warna, button style, icon, dan label
  • Advanced : untuk mengatur animasi pada button.

 

Untuk membuat button, Anda bisa pilih (+) Add Button, dan ketik nama button yang akan Anda buat. Pada Tab General, setelah itu Anda bisa mengatur action button yang akan Anda gunakan dan label yang telah dilampirkan.

Pada Tab Style, Anda dapat mengatur color button, button style, icon, dan label.

Jika semua pengaturan telah dilakukan untuk button-button tertentu, Maka akan muncul tampilan seperti berikut ini

Itulah cara membuat WA WordPress di website Anda. Agar button WA pada website Anda berfungsi dengan dengan benar, maka Anda membutuhkan tenaga profesional. Untuk itu, kami merekomendasikan Next Digital Indonesia.

Next Digital Indonesia

Next Digital Indonesia adalah digital marketing agency ternama yang memiliki pengalaman dan alat untuk membantu bisnis Anda menjangkau pasar potensial yang lebih luas melalui digital advertising. Sebagai digital marketing agency ternama dan terpercaya, Next Digital memiliki tim web berpengalaman yang siap membantu Anda mengelola website Anda, termasuk meningkatkan Page Speed website. Adapun dalam hal meningkatkan Page Speed website, Next Digital menyediakan layanan Google Cloud serta selalu menggunakan tools dan plugin premium. Untuk informasi lebih lanjut, bisa Anda peroleh melalui website official Next Digital Indonesia di nextdigital.co.id

Avatar
Rian
Rian bergabung di Next Digital Indonesia sebagai SEO Specialist. Rian memiliki hobi bermain game AAA dan suka musik.