Pentingnya Digital Marketing Untuk Mengembangkan Bisnis

Kegiatan promosi akan menjadi faktor penentu untuk membantu meningkatkan angka penjualan di dalam berbagai bidang usaha baik yang berskala kecil atau besar. Salah satu hal yang bisa dilakukan dan cukup efektif untuk menarik minat pelanggan adalah dengan melakukan pemasaran online atau dikenal dengan digital marketing.

Lalu seberapa penting dari penerapan strategi digital marketing untuk bisnis UKM (Usaha Kecil dan Menengah). Anda dapat menyimak penjelasan lengkapnya di dalam artikel kali ini.

Apa Itu Digital Marketing ?

Apa Itu Digital Marketing
Source : Freepik

Digital marketing adalah pemasaran yang dilakukan secara digital. Pada strategi ini, Anda dapat mempromosikan serta menjual produk lewat berbagai jenis media digital. Misalnya, iklan di dalam sebuah website, iklan tv dan lainnya.

Selain itu, menurut para ahli digital marketing ini merupakan penggunaan teknologi digital dan perangkat yang didukung adanya koneksi internet untuk bisa mencapai target pemasaran. Bisa disimpulkan digital marketing merupakan kegiatan pemasaran yang melibatkan penggunaan jaringan dan juga teknologi digital agar bisa mencapai tujuan pemasaran tertentu.

Saat ini sudah banyak perusahaan yang mulai menerapkan sistem berbasiskan internet untuk bisa menjangkau pelanggan yang lebih luas. Pemakaian internet yang mencapai 59,5% di dunia menjadi salah satu pemicu dalam pertumbuhan e-commerce dan juga transaksi online.

5 Alasan Digital Marketing Sangat Penting Untuk Bisnis

Aktivitas berpromosi produk lewat media digital saat ini memang dianggap paling efektif untuk pemasaran, tidak terkecuali untuk bisnis UKM dan UMKM. Walaupun, bisnis yang dijalankan masih dalam skala yang cukup kecil, menentukan strategi promosi yang dengan tepat masih harus dilakukan agar bisnis bisa semakin berkembang. Berikut ini alasan paling terpenting untuk menerapkan digital marketing skill.

  1. Membantu dalam meningkatkan angka penjualan

Dengan Anda memasang iklan maupun mengunggah produk di dalam sebuah website dan media sosial membuat produk dapat dijangkau oleh pelanggan dari seluruh lapisan masyarakat. Inilah keunggulan dalam penggunaan teknologi digital yang akan membuat segala hal jauh menjadi dekat.

Semakin menarik unggahan yang ditampilkan dalam media sosial, bisa jadi membuat pengguna lainnya pada akhirnya bisa menjadi pelanggan yang secara otomatis akan melakukan pembelian produk yang ditawarkan. Terjadinya transaksi yang akan meningkatkan angka penjualan dan menjawab seberapa pentingnya sebuah digital marketing untuk bisnis UKM.

  1. Melayani pelanggan lebih cepat

Digital marketing strategy yang dikatakan cukup efektif adalah dengan menyediakan layanan chatbot atau whatsapp. Para pelanggan nantinya akan merasa semua pertanyaan yang diajukan bisa mendapatkan respons dengan cepat. Pelayanan dengan respons cepat dan baik ini akan menjadi nilai tambah serta membuat pelanggan dapat terus melakukan pembelian produk Anda.

Ketika jawaban yang diharapkan bisa didapatkan dengan cepat, tetapi tidak kunjung mendapatkan jawaban pasti pelanggan akan mencari yang lainnya.  Oleh sebab itu, memanfaatkan digital marketing untuk memberikan pelayanan yang baik untuk pelanggan dengan cepat sudah jelas dapat membantu dalam meningkatkan jumlah pelanggan loyal.

  1. Mudah untuk mendatangkan pelanggan

Sebelum dunia digital berkembang seperti sekarang, mencari informasi sebuah produk maupun layanan baru seperti UKM tidak mudah untuk dilakukan. Informasi baru hanya bisa didapatkan dari media cetak yang tertentu. Bahkan ada juga yang harus mendatangi pelaku bisnis yang ingin Anda cari tahu secara langsung agar bisa mendapatkan informasi lebih lengkap.

Berbeda dengan sekarang ini teknologi semakin maju dan media sosial juga kian digemari, menjadikan proses untuk mendapatkan informasi menjadi lebih praktis. Anda membutuhkan informasi apa saja hanya tinggal menggerakkan jari di layar ponsel dengan berselancar di internet.

Oleh sebab itu, jauh lebih baik bila para pelaku bisnis dapat memanfaatkan media digital yang ada saat ini untuk melakukan promosi agar bisa menjangkau seluruh pengguna internet di berbagai tempat. Cara menerapkan konsep digital marketing untuk bisnis UKM dapat dengan mengoptimalkan pemakaian media sosial, email marketing, website yang mana bisa membuat pelanggan mudah untuk menemukan informasi yang dibutuhkan tanpa dibatasi jarak dan waktu.

  1. Menghemat biaya untuk promosi

Ada beberapa pelaku bisnis umumnya akan membuat anggaran untuk melakukan pemasaran. Terkadang, mereka harus berpikir untuk bisa mendapatkan strategi marketing yang paling tepat sehingga anggaran untuk belanja iklan lebih bisa dimaksimalkan dan memberikan Anda keuntungan.

Apabila Anda memakai digital marketing sebagai salah satu alat dalam metode pemasaran, pastinya anggaran untuk berpromosi bisa ditekan seminimal mungkin. Hal tersebut bisa terjadi karena pemakaian teknologi secara online tidak membutuhkan biaya pencetakan serta akomodasi yang lainnya.

  1. Memudahkan persaingan dengan kompetitor

Semakin banyaknya kompetitor akan membuat Anda sebagai pelaku bisnis memiliki pemikiran yang lebih kreatif untuk dapat memenangkan persaingan. Cara yang paling terbaik yang dapat Anda lakukan adalah dengan menciptakan ketertarikan pelanggan kepada produk yang sedang ditawarkan.

Misalnya, Anda adalah  pengusaha dalam bidang fashion. Pastinya di luar sana akan ada banyak pengusaha lain di bidang yang sama sebagai kompetitor. Agar bisa bersaing, Anda bisa menerapkan digital marketing dengan tepat untuk mendapatkan lebih banyak perhatian dari calon pelanggan yang sudah ditetapkan.

Anda dapat sesuaikan iklan dalam promosi Anda dengan yang paling mereka sukai, berdasarkan usia, pekerjaan, hobi, dll. Jika kompetitor juga melakukan hal serupa, Anda dapat memantau pergerakan mereka di mesin pencari maupun di media sosial. Artinya, dengan memanfaatkan digital marketing secara tepat untuk menyukseskan kampanye digital bisa membantu Anda mengembangkan bisnis dan menganalisis gerak dari kompetitor.

Jenis – jenis Digital Marketing 

Jenis strategi digital marketing ini ada banyak sekali, tetapi ada beberapa yang paling cocok untuk digunakan dalam mengembangkan, yaitu:

  1. SEM
    jasa iklan google ads next digital sem

SEM (Search Engine Marketing) yang dapat diartikan sebagai upaya agar bisa mengoptimasi website untuk bisa muncul di mesin pencarian dengan memanfaatkan sebuah iklan dalam sebuah website. SEM ini lebih spesifik karena target audiens bisa diatur terlebih dahulu.

  1. Email Marketing

    jasa iklan google ads next digital sem
    Source : freepik

Anda dapat mengembangkan bisnis lewat strategi email marketing. Teknik digital marketing dengan menggunakan platform email ini dianggap cukup efektif hingga saat ini. Menggunakan cara promosi ini, Anda bisa mengirimkan email promosi langsung ke target audiens.

  1. SEO
    cara seo bekerja

Pengembangan website untuk bisnis bagi UKM cukup direkomendasikan. Lewat sebuah website, layanan SEO dapat menjangkau pasar lebih luas dan bisnisnya semakin populer.

Supaya bisnis dapat berkembang dengan optimal maka membutuhkan penerapan strategi SEO. SEO (Search Engine Optimization) ini adalah usaha mengoptimalkan sebuah website agar bisa mencapai peringkat teratas dalam mesin pencarian Google. Lewat strategi SEO, situs maupun website bisnis bisa semakin mudah untuk ditemukan orang.

  1. Sosial Media Marketing
    social media marketing

Strategi marketing ini saat ini paling populer diterapkan adalah social media marketing.  Strategi marketing satu ini memanfaatkan media sosial dan yang paling diandalkan untuk marketing adalah Facebook dan Instagram. Anda bisa mempromosikan produk dengan cara mengupload foto maupun video.

Next Digital Indonesia Sebagai Agency Digital Marketing Jakarta

logo ndi

Sebagai agency digital marketing, kami memahami bahwa strategi pemasaran yang tepat dapat menghasilkan hasil yang luar biasa untuk bisnis Anda. Dengan pengalaman kami dalam berbagai industri, kami dapat membantu Anda mencapai tujuan pemasaran Anda melalui berbagai kanal digital, termasuk iklan online, SEO, media sosial, dan email marketing.

Kami menggunakan pendekatan yang berfokus pada pengembangan strategi yang disesuaikan dengan bisnis Anda. Tim kami terdiri dari para ahli pemasaran digital yang memiliki pengetahuan mendalam tentang tren dan teknologi terbaru, sehingga kami dapat membantu bisnis Anda beradaptasi dengan cepat dan efektif.

Kami juga berkomitmen untuk memberikan layanan yang terbaik dan berfokus pada hasil. Kami selalu mengukur kinerja kampanye kami dan memberikan laporan berkala kepada Anda sehingga Anda dapat melihat hasil dari investasi Anda.

Jangan ragu untuk memilih jasa kami sebagai mitra digital marketing terbaik untuk bisnis Anda, dan lihatlah bagaimana kami dapat membantu bisnis Anda berkembang dan mencapai kesuksesan yang lebih besar di dunia digital.

 

Artikel Lainnya : Mengenal Lebih Dalam Mengenai Digital Advertising

Rian bergabung di Next Digital Indonesia sebagai SEO Specialist. Rian memiliki hobi bermain game AAA dan suka musik.