Mengenal Lebih Dalam Mengenai Digital Advertising

digital advertising jakarta

Kita sudah melewati hari-hari dimana membeli iklan di TV atau radio untuk meningkatkan penjualan secara signifikan. Saat ini, digital advertising menjadi saluran terpenting bagi pemasar dan bisnis di seluruh dunia karena alasan yang bagus — semakin banyak orang yang menggunakan internet untuk membuat keputusan pembelian. Hal ini didukung dengan fakta bahwa saat ini, sebanyak 40% populasi dunia telah terhubung ke internet.

Belum lagi, saat ini, seluruh dunia, termasuk Indonesia sedang mengalami masa sulit, yaitu masa pandemi Covid-19 dimana segala aktivitas di luar rumah (belajar, bekerja, hingga beribadah) sangat dibatasi. Oleh karena itu, mengiklankan merek Anda secara online dinilai lebih mampu memberikan jangkauan yang lebih luas. Tapi, apa itu digital advertising? Apa yang membuat digital advertising efektif? Bagaimana ini dapat membantu Anda dalam mengembangkan bisnis Anda? Untuk menjawabnya, mari simak penjelasan di bawah ini!

Apa Itu Digital Advertising?

Pada dasarnya, digital advertising adalah segala bentuk iklan yang muncul secara online, baik di browser web Anda, aplikasi media sosial Anda, atau tempat dan properti lain di internet. Lebih lengkapnya, digital advertising adalah proses penerbitan materi promosi melalui platform online, seperti media sosial, mesin pencari, situs web, dan program lain apapun yang dapat diakses secara digital. Oleh karena itu, digital advertising ini memiliki berbagai bentuk dan menggunakan berbagai saluran, termasuk media sosial, situs streaming video seperti YouTube, iklan Pay-Per-Click (PPC) yang Anda lihat di bagian atas hasil pencarian, dan banyak lagi.

Mengapa Digital Advertising Penting Dan Mengapa Anda Membutuhkannya?

Anda mungkin berpikir bahwa cara beriklan Anda sekarang masih bekerja dengan baik. Mengapa Anda harus mengubahnya menjadi iklan online? Jawabannya adalah saat ini, orang-orang menghabiskan cukup banyak waktu untuk online, itu bisa dianggap sebagai pekerjaan kedua mereka.

Hal ini dapat terlihat pada data dari Studi Pew Research Institute 2019 yang menemukan bahwa sekitar 89% orang menggunakan internet secara teratur. Internet adalah tempat orang-orang berada. Untuk menjangkau mereka, Anda harus berada di sana, menghasilkan kesadaran merek, meningkatkan prospek, dan melakukan penjualan. Tetapi, ini tidak berarti bahwa mencoba menjangkau mereka dengan cara apapun akan berhasil. Iklan pop up, misalnya. Membuat orang kesal dengan iklan berulang bukanlah cara untuk mendapatkan pelanggan baru. Digital advertising adalah solusinya.

Konsumen menghabiskan sebagian besar waktunya di internet dan digital advertising bisa membantu Anda membawa bisnis Anda langsung ke tempat audiens Anda berada. Itulah mengapa digital advertising sangat penting.

Apa Manfaat Digital Advertising?

Terjangkau, spesifik, dan mudah digunakan adalah kata yang tepat untuk menggambarkan digital advertising.

  • Terjangkau & Dapat Diukur

Digital advertising terjangkau. Seiring pertumbuhan bisnis Anda, Anda dapat meningkatkan anggaran Anda. Analisis, uji, dan sederhanakan untuk memaksimalkan laba atas investasi Anda. Digital advertising juga dapat diukur. Ini sangat mudah untuk meningkatkan dan menurunkan anggaran berdasarkan rasio konversi Anda dan jumlah pelanggan yang dapat Anda tangani pada waktu tertentu. Jika Anda sedikit kewalahan karena iklan Anda berkinerja sangat baik, Anda dapat menangguhkannya sampai Anda mengejar ketinggalan. Namun, jika Anda bekerja dengan perusahaan digital advertising seperti Next Digital Indonesia, maka Anda menghabiskan lebih sedikit waktu untuk iklan Anda dan lebih banyak waktu untuk fokus menjalankan bisnis Anda.

  • Ini Spesifik & Tertarget

Dengan menggunakan data yang dikumpulkan oleh bisnis Anda atau oleh platform media sosial, Anda dapat menjangkau dengan tepat siapa yang ingin Anda jangkau. Itu artinya Anda dapat menjalankan 5 iklan berbeda yang menargetkan 5 jenis pelanggan berbeda. Setiap pelanggan melihat iklan yang paling relevan bagi mereka. Dengan demikian, ini juga bisa meningkatkan pendapatan Anda, karena relevansi = pendapatan meningkat.

  • Mudah Digunakan

Anda mungkin bertanya apa itu digital advertising? Apakah Anda membutuhkan keterampilan teknis yang signifikan? Faktanya adalah bahwa bentuk paling umum dari digital advertising cukup mudah untuk dilakukan dan dipersiapkan. Namun, untuk menguasai digital advertising dalam memaksimalkan keuntungan Anda, itu bisa menjadi sedikit lebih rumit. Untuk itu, ini adalah saat yang tepat untuk bekerja dengan seorang professional, seperti Next Digital Indonesia yang bisa membantu Anda mendapatkan hasil terbaik bagi bisnis Anda.

  • Digital Advertising Cocok untuk Bisnis Berbagai Skala, Khususnya Bisnis Skala Kecil

Di atas semua manfaat digital advertising, ini adalah sahabat bisnis untuk berbagai skala, khususnya bisnis kecil. Hal ini dikarenakan Anda tidak memerlukan anggaran pemasaran perusahaan yang besar untuk menggunakannya. Namun, dengan strategi yang tepat, Anda bisa berdampingan atau bahkan mengalahkan bisnis besar. Ini adalah cara terbaik untuk menyamakan kedudukan bagi bisnis kecil.

  • Ini Bekerja Dengan Cepat

Ada beberapa teknik pemasaran yang membutuhkan waktu untuk mendapatkan hasil. Contohnya, strategi jangka panjang branding, SEO, dan content marketing. Mereka membantu Anda menurunkan biaya akuisisi sekaligus meningkatkan pendapatan. Tapi, mereka biasanya tidak cepat. Berbeda halnya dengan digital advertising. Digital advertising itu cepat. Dengan memasang iklan online, Anda dapat memperoleh lebih banyak traffic per harinya. Bahkan bergantung pada jenis bisnis Anda, dalam beberapa menit, Anda sudah bisa mendapatkan janji temu atau mendapatkan penjualan. Setelah selesai, pelanggan pun bisa meninggalkan ulasan. Lebih banyak orang melihat ulasan tersebut, makin banyak yang ingin berbisnis dengan Anda. Dengan demikian, bisnis Anda pun bisa berkembang pesat. Semua ini bisa diwujudkan dengan digital advertising.

Apa Saja Jenis Digital Advertising?

Digital advertising mencakup 4 jenis utama, yaitu :

  • Search Engine Marketing (SEM)

Search Engine Marketing (SEM)

Salah satu tanda transformasi digital tidak diragukan lagi adalah penggunaan Google (dan lainnya seperti Bing dan Yahoo) sebagai sumber pencarian di internet. Di Google sendiri, ada sekitar 75.000 pencarian per detik. Mengingat ini adalah halaman yang paling sering digunakan – preferensi 92.07% pengguna. Untuk itu, bagaimana mungkin mengabaikannya? Oleh karena itu, SEM hadir dan secara efektif memanfaatkan mesin pencari seperti Google, Yahoo, dan Bing untuk mengiklankan merek Anda dan pada akhirnya menumbuhkan audiens Anda.

Secara sederhana, SEM dapat dijelaskan sebagai iklan berbayar. Ini terdiri atas pembelian lalu lintas untuk meningkatkan kehadiran web brand dengan menawar (bid) istilah pencarian atau kata kunci untuk memastikan penempatan teratas iklan Anda di Halaman Hasil Mesin Pencari (Search Engine Results Page/SERP). Semakin tinggi penawarannya, semakin tinggi peringkat situs web Anda di mesin pencari. Setelah itu, untuk pembayaran iklan, perusahaan hanya perlu membayar untuk pengguna yang mengklik iklan mereka. Jenis konten ini biasanya muncul di Google dengan tanda “Iklan”.

Dengan demikian, SEM mampu memastikan iklan Anda siap di Google Adwords, yang merupakan salah satu cara paling efektif dan tepat untuk memperkenalkan brand Anda karena 90% pengguna internet yang selalu memulai dengan mesin pencari. Ini mengoptimalkan penggunaan sumber daya.

Info Lengkap Bisa Kalian Kunjungi : Search Engine Marketing

  • Google Display Network (GDN)

Google Display Network (GDN)

Lebih dekat dengan ide periklanan tradisional, memanfaatkan Google Display Network (GDN) memungkinkan Anda membuat iklan bergambar (banner) paling inovatif dan menempatkannya di situs web yang relevan. Di Indonesia, terdapat 33.000 website yang berafiliasi dengan Google, seperti detik.com, kompas.com, dan masih banyak lagi blog lain yang relevan dengan konten Anda. GDN memberdayakan Anda dengan periklanan yang paling sesuai dengan menargetkan orang-orang yang kemungkinan besar akan tertarik pada Anda. GDN juga memberi Anda metrik atas kinerjanya, sehingga Anda dapat mengukur keberhasilan kampanye pemasaran Anda. Misalnya, berapa banyak orang yang dipaparkan, berapa banyak orang yang mengklik iklan Anda, dan berapa banyak tindakan yang diambil setelah datang ke situs Anda. Semua dapat dengan mudah dilihat dan dievaluasi.

Info Lengkap Bisa Kalian Kunjungi : Google Display Network

  • Social Media Ads

Social Media Ads

Media sosial tidak diragukan lagi adalah salah satu saluran paling efisien untuk berbicara dengan audiens Anda. Rata-rata, penelitian menunjukkan bahwa pengguna menghabiskan hampir 3 jam 26 menit sehari di media sosial. Bagi mereka yang ingin memperkuat kesadaran merek dan kehadiran digital mereka, penting untuk hadir di platform media sosial dan mempromosikan produk dan layanan mereka. Dengan cara organik atau berbayar, dimungkinkan untuk menjangkau banyak orang dan, lebih baik, dengan cara yang tersegmentasi. Dengan pengeluaran yang relatif lebih rendah, media sosial juga merupakan saluran yang bagus untuk digital advertising.

Info Lengkap Bisa Kalian Kunjungi : Social Media Marketing

  • Display Remarketing Advertising

Display Remarketing Advertising
Pemasaran ulang atau remarketing adalah cara untuk menjangkau orang-orang yang telah mengunjungi situs web Anda melalui pengumpulan cookie. Pengunjung situs web Anda sebelumnya akan dapat melihat iklan Anda saat mereka berada di situs web lain. Ini adalah cara yang bagus untuk memikat pengunjung yang tidak langsung melakukan pembelian, sehingga dapat menjadi komponen strategis bauran pemasaran Anda. Ini dapat meningkatkan pendaftaran, mempromosikan kesadaran, dan pada akhirnya meningkatkan ROI. Tidak hanya itu, strategi pemasaran ulang memungkinkan Anda menjangkau target pelanggan yang tepat, orang-orang yang telah menjangkau situs web Anda, dan mengetahui merek Anda. Pemasaran ulang AdWords memberikan titik kontak tepat waktu untuk mengarahkan pelanggan Anda kembali ke situs web atau aplikasi Anda saat mereka paling terlibat.

Info Lengkap Bisa Kalian Kunjungi : Remarketing Advertising

Itulah penjelasan mengenai digital advertising. Mengetahui apa itu digital advertising adalah hal mendasar agar merek Anda relevan di antara target Anda. Lagi pula, tidak ada gunanya menawarkan harga atau produk terbaik jika tidak ada yang tahu mengenai brand Anda. Kabar baiknya adalah dengan digital advertising, Anda memiliki beberapa opsi untuk mempromosikan bisnis Anda secara akurat, serta sesuai dengan audiens dan tujuan Anda.

Namun, sebelum Anda memulai strategi digital Anda, tidak ada salahnya bagi Anda untuk mempertimbangkan seorang professional, seperti Next Digital Indonesia dalam membantu Anda mendapatkan hasil terbaik bagi bisnis Anda. Next Digital Indonesia sendiri adalah digital marketing agency ternama yang memiliki pengalaman dan alat untuk membantu bisnis Anda menjangkau pasar potensial yang lebih luas melalui digital advertising. Untuk informasi lebih lanjut, bisa Anda peroleh melalui website official Next Digital Indonesia di nextdigital.co.id.

Avatar
Agus Awaludin
Agus Awaludin bergabung di Next Digital Indonesia sebagai Front-End Developer. Agus memiliki hobi berkuliner dan nonton netflix.