Semua yang Perlu Anda Ketahui Tentang Iklan Tiktok

Iklan Di Tiktok

iklan di tiktok

Anda mungkin pernah mendengar tentang aplikasi media sosial TikTok atau bahkan Anda merupakan pengguna TikTok itu sendiri. Kontennya yang mudah dikonsumsi dan ditonton oleh jutaan orang setiap harinya, membuatnya menjadi aplikasi media sosial yang popular saat ini. Dengan aplikasi yang menarik 800 juta pengguna aktif di seluruh dunia ini, TikTok tentunya adalah media impian pemasar untuk beriklan. Namun, bagaimana sebenarnya iklan TikTok itu bekerja? Dan apakah mungkin untuk beriklan di TikTok sebagai bisnis kecil? Jika Anda penasaran tentang beriklan di TikTok, tetapi tidak tahu harus mulai dari mana, baca terus artikel ini untuk mengetahui lebih lanjut tentang dunia TikTok dan bagaimana bisnis Anda dapat menjadi bagian darinya.

Apa itu Aplikasi TikTok?

TikTok adalah aplikasi media sosial yang memungkinkan pengguna membuat dan melihat video pendek yang diatur dengan musik atau soundtrack yang dibuat khusus. Ini dapat digunakan secara luas oleh pengguna. Pengguna dapat dengan mudah menjelajahi TikTok – menggulir dan menonton konten pengguna lain tanpa berkontribusi – aplikasi ini juga membuatnya sangat mudah bagi pengguna untuk membuat video.

Sejarah TikTok

Aplikasi ini dimiliki oleh ByteMedia, yang pertama kali meluncurkan TikTok versi China yang disebut Douyin pada September 2016. Setahun kemudian, TikTok – yang menggunakan perangkat lunak yang sama dengan Douyin – dirilis sebagai mitra internasional Douyin. Tidak lama kemudian, ByteMedia mengakuisisi aplikasi lip-syncing bernama Muscial.ly dan, setelah menggabungkan kedua aplikasi tersebut pada Agustus 2018, TikTok dengan cepat mendapatkan popularitas. Dengan pertumbuhan yang begitu cepat, beberapa pembuat TikTok bahkan menjadi sangat populer dan menarik perhatian. Sementara itu, orang-orang dari berbagai kalangan, grup, dan outlet terkenal juga muncul sebagai profil popular TikTok, termasuk Will Smith, Gary Vaynerchuk, The Washington Post, dan boy band Korea, BTS.

Siapa yang Menggunakan TikTok?

Jadi, siapa yang menonton semua pembuat konten acak ini? Ya, kebanyakan mereka yang berusia di bawah 30 tahun, terutama yang tergabung dalam Gen Z – 41 persen besar pengguna TikTok berusia antara 16 dan 24 tahun. Dan rentang usia inilah yang meningkatkan daya beli, serta membuat pemahaman tentang iklan di TikTok dan cara untuk meningkatkan Pertumbuhan TikTok menjadi lebih penting.

Memperkenalkan Iklan TikTok

Dari penargetan, pembuatan iklan, laporan insight, dan alat manajemen iklan, TikTok Ads menawarkan platform yang kuat, namun mudah digunakan untuk membantu bisnis dan brand beriklan ke jutaan pengguna di seluruh dunia. Meskipun Iklan ini belum sepopuler iklan Facebook atau Instagram (belum!), Iklan di TikTok adalah peluang luar biasa bagi brand yang ingin memperluas jangkauannya. Dan sekarang adalah waktu yang tepat untuk mulai menggunakan iklan TikTok – karena tidak banyak brand dan bisnis yang memanfaatkan potensinya. Iklan ini menawarkan sejumlah alat unik untuk membantu brand dan bisnis menjadi unggul. Mari kita bahas seperti apa sebenarnya Iklan  itu.

Jenis Iklan

TikTok menawarkan berbagai format iklan kreatif yang berbeda untuk dijelajahi brand dan bisnis. Anda mungkin telah melihat sebagian besar jenis yang berbeda pada video TikTok harian Anda. Berikut lima jenis Iklan di TikTok.

  • In-Feed Ads
  • Brand Takeover
  • TopView
  • Branded Hashtag Challenge
  • Branded Effects

Cara Beriklan di TikTok

iklan di tiktok

Berikut adalah langkah-langkah yang harus diikuti dalam menyiapkan campaign Iklan Anda.

# 1: Buat Akun TikTok Ads

Untuk membuat campaign iklan pertama Anda, kunjungi halaman beranda TikTok Ads dan klik tombol Buat Iklan. Setelah Anda mengklik tombol tersebut, sebuah formulir akan muncul yang meminta detail untuk menyiapkan akun Anda. Setelah Anda mengirimkan informasi ini, perwakilan akan menghubungi Anda untuk mengatur akun TikTok Ads Anda. Ini diperlukan waktu hingga 48 jam untuk menerima akun Anda. Setelah Anda melakukannya, proses pembuatan iklan relatif mudah.

# 2: Buat Campaign Iklan

Di dasbor TikTok Ads, klik tab Campaign di bagian atas halaman, lalu klik tombol Buat. Selanjutnya, pilih tujuan campaign, yang merupakan tujuan utama iklan Anda. Saat tulisan ini dibuat, Anda dapat memilih dari tiga opsi: Traffic, Konversi, dan Pemasangan Aplikasi (Install). Untuk menetapkan anggaran Anda di tingkat campaign, pilih opsi antara Anggaran Harian atau Anggaran Total di bawah Pengaturan.

# 3: Tetapkan Penempatan, Detail, dan Penargetan Iklan Anda

Langkah selanjutnya adalah membuat grup iklan untuk campaign Anda, serta menetapkan penempatan, detail, dan penargetan untuk grup iklan Anda tersebut.

  • Penempatan

Untuk menetapkan penempatan yang tepat untuk iklan TikTok Anda, maka Anda dapat menggunakan salah satu fitur paling berguna dari dasbor TikTok Ads, yaitu fitur yang memungkinkan Anda memilih platform yang tepat untuk menjalankan iklan Anda. Ini tidak hanya termasuk TikTok, tetapi juga seluruh keluarga aplikasinya, seperti Vigo Video (hanya India), BuzzVideo, News Republic, dan lainnya. Ini juga menyediakan opsi untuk penempatan otomatis, di mana TikTok menentukan di mana iklan Anda akan berkinerja terbaik dan menempatkannya di sana.

  • Detail

Setelah Anda menentukan penempatan, ikuti petunjuk untuk memasukkan semua detail yang diperlukan untuk mulai menjalankan iklan Anda, termasuk URL, nama tampilan, gambar, dan kategori yang relevan. Selain itu, Anda juga dapat memilih dan memasukkan kata kunci hingga 20 kata kunci untuk mendeskripsikan situs web atau aplikasi Anda, yang kemudian akan digunakan untuk mencocokkan produk Anda dengan audiens yang tepat.

  • Penargetan

Pada Bagian Penargetan, itu memungkinkan Anda menentukan target audiens untuk iklan Anda. Adapun cara untuk menentukan target audiens ini adalah dengan menetapkan parameter untuk lokasi, usia, jenis kelamin, bahasa, minat, perangkat, dan lainnya. Hal ini dilakukan tentunya untuk menarik audiens yang tepat untuk iklan Anda. Namun, jika Anda ingin menargetkan sekelompok orang tertentu di TikTok, Anda dapat membuat audiens khusus dengan mengunggah ID pengguna TikTok yang ada sebagai file CSV, TXT, atau ZIP.

# 4: Menetapkan Anggaran, Durasi, dan Sasaran Iklan TikTok Anda

Sekarang Anda siap untuk memilih anggaran, jadwal, dan sasaran untuk iklan Anda.

  • Tetapkan Anggaran

Setelah membuat grup iklan untuk campaign Anda, serta menetapkan penempatan, detail, dan penargetan untuk grup iklan Anda tersebut, saatnya bagi Anda untuk menetapkan anggaran untuk grup iklan Anda. Adapun dalam memilih anggaran untuk grup iklan Anda, Anda dapat memilih anggaran harian (jumlah yang ingin Anda belanjakan setiap hari) atau anggaran total (jumlah total yang ingin Anda belanjakan selama durasi jadwal). Perhatikan bahwa ada minimum biaya untuk anggaran harian dan anggaran total di tingkat grup iklan.

  • Tetapkan Jadwal

Setelah itu, pilih juga durasi yang dijadwalkan untuk iklan Anda. Adapun seperti membuat iklan pada Google Ads, iklan di TikTok juga menggunakan sistem Dayparting yang memungkinkan Anda memilih waktu tertentu dalam sehari atau minggu untuk menjalankan iklan Anda. Adapun Dayparting adalah taktik periklanan pay-per-click (PPC) yang digunakan untuk menjadwalkan iklan untuk waktu-waktu tertentu dalam sehari atau hari-hari tertentu dalam seminggu untuk menargetkan audiens secara lebih efektif.

  • Pilih Opsi Kecepatan

Selanjutnya, tetapkan kecepatan pengeluaran anggaran Anda. Opsi Penayangan standar mengatur anggaran Anda secara merata di seluruh durasi campaign, sedangkan opsi Percepat menghabiskan anggaran secepat mungkin selama waktu yang dijadwalkan.

  • Pilih Sasaran Pengoptimalan Anda

Sasaran pengoptimalan Anda mencerminkan metrik utama yang ingin Anda capai dengan campaign Anda. Anda dapat memilih mengoptimalkan grup iklan Anda untuk Konversi, Klik, atau Impresi. Setelah itu, penawaran (bidding) Anda pun akan dioptimalkan berdasarkan tujuan yang Anda pilih.

  • Konversi

Jika Anda memilih Konversi sebagai sasaran, maka iklan Anda akan ditayangkan kepada orang-orang yang kemungkinan besar berkonversi untuk produk atau layanan Anda. Adapun dalam pemasaran, konversi terjadi ketika pengguna melakukan sesuatu sebagai tanggapan atas ajakan bertindak yang ditempatkan di iklan, penawaran, atau pemberitahuan. Untuk itu, diperlukan pelacakan semua tindakan yang menandakan konversi ini (misalnya, unduhan aplikasi atau pengiriman formulir).

Adapun cara melacaknya adalah dengan membuat peristiwa konversi dengan mengklik Pustaka dan memilih Konversi. Dari sini, Anda bisa putuskan apakah Anda ingin menyiapkan pelacakan konversi untuk pemasangan aplikasi atau elemen tertentu dari landing page Anda melalui pixel. Sementara itu, untuk membuat konversi pemasangan aplikasi, ketik nama untuk peristiwa konversi Anda, masukkan tautan ke aplikasi Anda di Google Play atau App Store, dan pilih mitra pelacakan untuk mulai mengukur konversi dari iklan Anda.

Sasaran konversi dihitung menggunakan metode penawaran oCPC (optimization cost per click/biaya pengoptimalan per klik), yang memastikan iklan Anda akan ditampilkan kepada pengguna yang kemungkinan besar akan melakukan tindakan yang diharapkan. Dengan oCPC, Anda menawar biaya konversi individual yang Anda harapkan, tetapi kemudian membayar dengan CPC (cost per click). Iklan TikTok secara otomatis menyesuaikan tawaran berdasarkan pengaturan tawaran Anda, menarik biaya campaign Anda yang mendekati harga target Anda.

  • Klik

Jika Anda memilih Klik sebagai sasaran menyeluruh untuk grup iklan Anda, Anda akan ditagih berdasarkan CPC (cost per click), dengan iklan Anda dioptimalkan untuk mendorong klik sebanyak mungkin.

  • Impresi

Terakhir, jika Anda menetapkan Impresi sebagai sasaran, iklan Anda akan ditagih berdasarkan CPM (cost per mille), yang menunjukkan harga seribu impresi atau tayangan.

  • Aktifkan atau Nonaktifkan Smart Optimization

TikTok menawarkan opsi yang disebut Smart Optimization, dan jika diaktifkan, penawaran Anda akan terus disesuaikan dan dioptimalkan untuk meningkatkan konversi. Namun, jika Anda memilih Klik atau Impresi sebagai sasaran Anda, sebaiknya nonaktifkan Smart Optimization. Hal ini dikarenakan fitur ini bekerja untuk memaksimalkan konversi secara terus-menerus.

# 5: Rancang Iklan Anda Menggunakan Alat Pembuatan Video dari TikTok

Dalam hal mendesain aset materi iklan untuk iklan Anda, prosesnya cukup mudah. Hal ini dikarenakan iklan TikTok dapat berupa video dan gambar horizontal, vertikal, atau persegi. Hal terbaik tentang platform iklan di TikTok adalah alat yang disebut Video Creation Kit, yang menyediakan template video dan gambar yang bisa Anda sesuaikan menggunakan gambar yang ada. Itu juga dilengkapi dengan 300+ opsi untuk musik latar gratis.

# 6: Optimalkan Iklan TikTok Anda

Mengoptimalkan iklan Anda termasuk beberapa hal, beberapa diantaranya:

  • Saat membuat brand takeover atau iklan bergambar dalam aplikasi, pastikan Anda menggunakan gambar beresolusi tinggi karena visual iklan akan mengambil alih seluruh layar pengguna dan sangat terlihat.
  • Fokus hanya pada satu call to action (CTA) untuk memaksimalkan tautan pengalihan Anda. Sebagai ilustrasi, jika Anda meminta pengguna untuk men-download aplikasi Anda dan mengakses kode kupon melalui situs Anda, Anda mungkin membingungkan penonton dengan mengarahkan mereka ke layar download aplikasi Anda.
  • Untuk teks iklan, perhatikan bahwa iklan Anda menyediakan sedikit ruang untuk menjelaskan apapun dengan kata-kata. Deskripsi iklan dibatasi hingga 80 karakter, jadi jika Anda menjual produk atau layanan yang lebih kompleks, gabungkan kata-kata ke dalam materi iklan tampilan Anda menggunakan Video Creation Kit.
  • Karena semua deskripsi iklan muncul di bagian bawah layar, pastikan untuk menempatkan elemen kreatif utama Anda di tengah layar untuk menghindari kepadatan.
  • Oleh karena ada banyak format iklan, maka yang terbaik adalah bereksperimen dengan berbagai opsi penargetan dan elemen kreatif sebelum mempersempit iklan Anda ke kombinasi elemen yang paling berhasil.

Tips:

Selain Video Creation Kit, manfaatkan alat iklan bawaan lainnya, seperti:

  • Di tingkat grup iklan, alat Automated Creative Optimization/Pengoptimalan Materi Iklan Otomatis memungkinkan Anda meng-upload hingga 10 gambar atau 5 video, 5 teks iklan, dan 1 CTA, kemudian akan menggabungkan aset materi iklan Anda menjadi beberapa iklan. Ini akan menguji berbagai iklan di seluruh campaign Anda dan pada akhirnya menyajikan kombinasi terbaik untuk target audiens Anda.
  • Selain itu, alat Landing Page ke Video akan menangkap materi gambar berkualitas tinggi dari URL landing page mana pun yang Anda masukkan ke dalamnya, lalu menggabungkan gambar dengan musik untuk membuat iklan video secara otomatis.

Itulah sedikit penjelasan mengenai dunia TikTok dan bagaimana bisnis Anda dapat menjadi bagian darinya. Nah, agar campaign iklan di TikTok Anda dapat berhasil, maka Anda membutuhkan seorang tenaga profesional. Untuk itu, kami merekomendasikan Next Digital Indonesia.

Next Digital Indonesia

Next Digital Indonesia adalah digital marketing agency ternama yang memiliki pengalaman dan alat untuk membantu bisnis Anda menjangkau pasar potensial yang lebih luas melalui digital advertising. Tidak hanya itu, sebagai digital marketing agency ternama terpercaya, Next Digital juga memiliki tim Social Media berpengalaman yang siap memantau campaign iklan di TikTok Anda setiap hari serta menyesuaikan tawaran berdasarkan metrik kinerja utama untuk mempertahankan posisi iklan dan mengoptimalkan konversi. Untuk informasi lebih lanjut, bisa Anda peroleh melalui website official Next Digital Indonesia di nextdigital.co.id.

 

Avatar
Agus Awaludin
Agus Awaludin bergabung di Next Digital Indonesia sebagai Front-End Developer. Agus memiliki hobi berkuliner dan nonton netflix.