Dalam proses membuat halaman Facebook baru untuk perusahaan, bisnis, organisasi pemerintah, ataupun hanya untuk Anda sendiri, Anda mungkin kesulitan dalam memilih kategori yang sesuai. Bahkan terkadang, terlalu sulitnya memilih kategori ini membuat orang tak jarang melakukan kesalahan. Namun, Anda tidak perlu khawatir. Jika Anda salah, Anda masih memiliki kesempatan untuk mengubah kategori halaman Anda. Berikut ini adalah langkah-langkah mengubah kategori fanpage Facebook melalui menu “Tentang” yang ada di halaman milik Anda.
Langkah 1
Untuk mengubah kategori fanpage Facebook Anda, Anda harus masuk ke profil Facebook Anda terlebih dahulu. Lalu, klik pada tab Halaman di bagian Jelajahi di bilah sisi kiri dari halaman utama profil Anda. Setelah meng-klik ini, Anda akan masuk ke area halaman Anda. Lalu, klik halaman Anda tersebut. Setelah masuk pada halaman Anda, klik pada tab “Tentang” di sisi kiri halaman. Jika tidak muncul, pilih lihat lainnya. Lalu, pada bagian kategori, klik Edit.
Langkah 2
Setelah Anda mengklik kotak Kategori, ketikkan kategori baru halaman Anda. Saat ini, pengaturan kategori halaman Facebook sudah jauh lebih fleksibel. Anda tidak terbatas pada satu kategori saja, Anda dapat memasukkan hingga tiga kategori. Misalnya, perusahaan digital marketing agency dapat memilih kategori pemasaran/periklanan, agen pemasaran, dan kategori agensi media. Daftar kategori yang tersedia pun akan muncul pada menu drop-down saat Anda mengetik. Drop-down ini adalah kategori relevan yang direkomendasi oleh Facebook berdasarkan kata kunci yang Anda tulis. Untuk dapat memilih kategori yang tepat sesuai dengan bisnis Anda, pikirkan tiga aspek berbeda dari bisnis Anda dan temukan kategori yang mencakup sebanyak mungkin gambaran umum yang luas tentang bisnis Anda. Untuk menghapus kategori lama halaman Anda, Anda cukup mengklik ikon “x” di setiap kategori.
Langkah 3
Setelah Anda mengetik 3 kategori baru untuk halaman Facebook Anda, klik Simpan. Setelah Anda menyimpan perubahan kategori halaman Anda, hanya kategori pertama dari tiga kategori yang Anda pasang yang akan terlihat. Dua lainnya ada sebagai cara untuk membuat halaman Anda muncul dalam pencarian atau mengategorikannya untuk tujuan iklan, tetapi tidak terlihat oleh pengguna. Bagi Anda yang tidak melihat opsi “Simpan”, ada baiknya jika Anda memeriksa kembali apakah Anda telah terdaftar sebagai admin halaman. Hal ini dikarenakan hanya admin yang diizinkan mengubah kategori halaman. Anda dapat membaca lebih lanjut tentang peran halaman, apa yang dapat mereka lakukan, dan bagaimana mengubahnya di artikel ini.
Memilih kategori dengan benar tidak hanya membantu pelanggan Anda menemukan Anda dan perusahaan Anda dengan mudah, tetapi juga membantu Anda dengan SEO untuk mendapatkan lebih banyak cinta dari mesin pencari seperti Google.
Artikel Terkait : Cara Mengubah Kategori Fanpage di Facebook (Part 2)