Instagram Shopping Anda Not Eligible Terus? Ini Tipsnya!

Instagram Shopping

Pada beberapa waktu yang lalu, Kami pernah membahas mengenai bagaimana caranya meningkatkan penjualan melalui Instagram Shopping dengan product tagging. Namun, banyak sekali yang berkomentar bahwa Instagram Shopping-nya tidak bisa di-approve padahal sudah sesuai dengan policy dan terms dari Facebook. Untuk itu, pada kesempatan kali ini, pada artikel ini, Kami akan membahas tentang bagaimana caranya agar Instagram Shopping Anda dapat di-approve dan tips agar Facebook dapat menyetujui Instagram Shopping Anda semaksimal mungkin.

 

Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Instagram Shopping Anda Tidak Di-approve

Instagram Shopping Error Message

Jika Anda mendapatkan error message seperti ini, itu menandakan bahwa Instagram Shopping Anda belum di-approve oleh Facebook. Anda mungkin bertanya-tanya mengapa Instagram Shopping Anda tidak kunjung di-approve oleh Facebook. Nah, mungkin salah satu faktor berikut yang menjadi penyebab Instagram Shopping Anda tidak di-approve.

  1. Belum Punya Facebook Account Manager atau Facebook Ads Representative

Untuk dapat menggunakan fitur Intagram Shopping ini, Anda harus mempunyai yang namanya Facebook Account Manager atau Facebook Ads Representative. Facebook Account Representative atau disebut dengan Perwakilan Akun Facebook ini adalah representative dari Facebook yang membantu mengelola akun Facebook yang Anda manage. Saat ini, tidak ada proses bagi pengiklan untuk meminta account manager pribadi. Jika akun Anda dinilai eligible dan bisa mendatangkan keuntungan dari sumber daya pengelolaan akun tambahan, mereka lah yang akan menghubungi Anda secara langsung. Setelah Anda dihubungi dan mendapatkan Facebook Account Representative, barulah Anda bisa masuk ke yang namanya Instagram Shopping.

  1. Barang yang Dijual Tidak Sesuai

Seperti yang dijelaskan pada artikel Instagram Shopping sebelumnya, untuk membuat Instagram Shopping, Anda perlu membuka Business Manager dan secara manual membuat katalog produk Anda. Adapun produk yang bisa dimasukkan adalah produk fisik, bukan jasa. Berdasarkan hal ini, salah satu faktor yang membuat Instagram Shopping Anda tidak bisa di-approve adalah barang yang dijual itu tidak berupa barang fisikal. Tidak hanya itu, barang fisikal yang dijual pun perlu diperhatikan, karena ada beberapa jenis produk yang tidak diperbolehkan dan dibatasi untuk dijual di Facebook dan Instagram. Untuk mengetahui list produk yang dilarang dan dibatasi, bisa Anda temukan di sini.

  1. Bisnis Anda Belum Mengikuti Peraturan dari Facebook

Untuk menggunakan Instagram Shopping, akun Facebook dan Halaman atau akun profesional Instagram Anda harus memenuhi persyaratan berikut.

  • Patuhi kebijakan kami (Comply with our policies)

Akun dan Halaman Facebook Anda harus mematuhi Ketentuan Layanan Facebook, Ketentuan Komersial dan Standar Komunitas, dan akun profesional Instagram Anda harus mematuhi Ketentuan Penggunaan dan Panduan Komunitas Instagram. Selain itu, kurangnya kepatuhan terhadap kebijakan kami, termasuk Perjanjian Pedagang, Kebijakan Perdagangan, Kebijakan Iklan dan Halaman, Kebijakan Grup dan Acara, dapat mengakibatkan hilangnya akses ke Facebook Commerce, fitur Commerce, atau dapat menyebabkan akun Anda dinonaktifkan. Adapun Facebook Commerce termasuk, namun tidak terbatas pada, Facebook Shops, Facebook Page Shops, Marketplace Shops, Live Shopping, dan Instagram Shopping.

  • Mewakili bisnis Anda dan domain Anda (Represent your business and your domain)

Halaman Facebook atau akun profesional Instagram Anda harus berisi daftar produk yang tersedia untuk pembelian langsung dari situs web Anda atau checkout di Facebook atau Instagram. Jika Anda mengarahkan pembeli dari Facebook Commerce ke situs web di pasar mana pun yang didukung, Anda harus memberi Facebook satu domain yang tidak dipersingkat. Halaman Facebook atau akun profesional Instagram Anda harus mewakili toko atau situs web yang terkait dengan domain yang disediakan. Untuk mengkonfirmasi bahwa Anda pemilik domain Anda, Facebook akan meminta Anda untuk menyelesaikan proses verifikasi domain.

  • Berada di pasar yang didukung (Be located in a supported market)

Halaman Facebook atau akun profesional Instagram Anda harus berlokasi di salah satu pasar yang didukung untuk menggunakan Facebook Commerce. Pasar yang didukung untuk commerce di Facebook dapat ditemukan di sini. Pasar yang didukung untuk Instagram Shopping dapat ditemukan di sini. Indonesia saat ini adalah pasar yang di-support oleh Facebook.

  • Menunjukkan kepercayaan (Demonstrate trustworthiness)

Akun Facebook dan Halaman atau akun profesional Instagram Anda harus menunjukkan kepercayaan. Facebook akan memastikan bahwa bisnis yang Anda kelola itu bukan bisnis yang abal-abal. Mereka akan melihat apakah account Anda tersebut adalah authentic, adalah account yang memiliki basis followers yang memadai dan followers tersebut benar-benar aktif terhadap brand.

  • Memberikan informasi yang akurat dan ikuti praktik terbaik (Provide accurate information and follow best practices)

Segala macam informasi produk yang tercantum di Facebook Commerce, seperti nama, deskripsi, dan sebagainya harus jelas. Tidak hanya itu, informasi harga dan ketersediaan produk tidak boleh menyesatkan. Kebijakan pengembalian uang dan pengembalian barang Anda juga harus ditampilkan dengan jelas dan mudah diakses dari situs web Anda atau di Facebook atau Instagram.

Catatan: Kegagalan untuk memenuhi persyaratan ini setiap saat dapat menyebabkan hilangnya akses ke Facebook Commerce, fitur Commerce atau dapat menyebabkan akun Anda dinonaktifkan. Facebook Commerce termasuk, namun tidak terbatas pada, Facebook Shops, Facebook Page Shops, Marketplace Shops, Live Shopping, dan Instagram Shopping.

  1. Pastikan Anda Telah Mempunyai Akun Bisnis di Facebook

Pastikan Anda telah memiliki akun bisnis atau fanpage Facebook. Kalau belum, Anda bisa membuat fanpage Facebook dengan cara ini.

  1. Pastikan Akun Bisnis Instagram Anda Sudah Link ke Facebook Page

Setelah membuat fanpage Faacebook, tautkan akun bisnis Instagram Anda ke Halaman Facebook. Pastikan juga bahwa akun Instagram bisnis Anda telah disetujui atau approved untuk penggunaan fitur Instagram Shopping.

 

Apa yang Perlu Dilakukan Jika Instagram Shopping Anda Ditolak atau Di-disapprove?

  • Pertama, cek marketplace
  • Kedua, cek apakah item-item yang diajukan tidak melanggar commerce policies.
  • Ketiga, Anda bisa mengisi form langsung ini. Isi form untuk komplain ke Facebook.

 

Cara Mendapatkan atau Dihubungi Facebook Account Representative

Di awal artikel telah dijelaskan bahwa Instagram Shopping Anda belum di-approve salah satunya karena belum memiliki yang namanya Facebook Account Manager atau Facebook Ads Representative. Adapun untuk mendapatkan Facebook Account Representative ini, ada beberapa poin yang perlu diperhatikan, yaitu

  • Pertama, harus punya yang namanya online brand presents. Brand presents yang dimaksud bukan hanya di Facebook, tetapi muncul dimana-mana. Mungkin di Youtube, di website, dan lain-lain. Online brand presents inilah yang jadi salah satu faktor peninjauan untuk mendapatkan Facebook Account Representative.
  • Kedua, seniority on Facebook. Jadi, ini berkaitan dengan sudah berapa lama Anda di Facebook? Dan sudah berapa tahun Anda menjalankan bisnis di Facebook? Usaha apa aja yang sudah Anda lakukan untuk mempromosikan bisnis Anda di Facebook?
  • Ketiga adalah spent amount. Ini adalah poin yang sangat penting. Jadi, semakin banyak Anda spent di Facebook, semakin memungkinkan Anda bisa dihubungi oleh Facebook Manager atau Facebook Account Representative. Sedangkan, besaran spent yang dibutuhkan untuk bisa dihubungi oleh Facebook Manager atau Facebook Account Representative, belum diketahui. Namun, kalau Anda dinilai sudah mampu menciptakan engagement dari promote post atau boost post dan ads yang cukup besar jumlahnya, kemungkinan besar Facebook Manager akan menghubungi Anda.
  • Keempat, spent consistency. Selain jumlah spent, konsistensi dalam mengeluarkan uang untuk melakukan promote post atau boost post dan ads di Facebook juga penting. Apakah Anda terus-terusan spent selama berminggu-minggu? Nah, ini juga faktor yang memastikan apakah Anda akan dihubungi dan memiliki yang namanya Facebook Account Representative.
  • Terakhir, payment consistency. Facebook akan melihat apakah Anda setiap kali spend membayar dengan lancar dan selalu tepat waktu. Facebook akan menilai apakah spending Anda di Facebook pernah negatif. Negatif di sini dapat digambarkan dengan contoh, Anda melakukan spent di Facebook, namun tidak dibayar dengan full. Nah, ini juga akan diperhitungkan oleh Facebook.

 

Itulah bagaimana caranya agar Instagram Shopping Anda dapat di-approve dan tips agar Facebook dapat menyetujui Instagram Shopping Anda semaksimal mungkin. Semoga bermanfaat! Untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai cara agar Instagram Shopping Anda dapat di-approve, Anda bisa menonton video di bawah ini. Jangan lupa juga temukan lebih banyak informasi seputar digital marketing hanya di https://nextdigital.co.id/!

Avatar
Zunvindri
Zunvindri bergabung di Next Digital Indonesia sebagai Content Writer. Zunvindri memiliki hobi menulis, menonton drama dan film, serta travelling.