Jualan Online Lewat Instagram Shopping di Tengah Pandemi, Ini Tips dan Cara Cepat Tagging!

Instagram Shop

Setelah mewabahnya pandemi virus corona atau Covid-19, orang-orang, komunitas, dan bisnis di seluruh dunia menghadapi waktu yang sulit untuk menyesuaikan diri dengan cara hidup yang baru, termasuk di Indonesia. Banyak perusahaan yang menghadapi tantangan besar karena operasi bisnis tidak bisa berjalan seperti sediakala. Untuk itu, perusahaan perlu mengambil tindakan untuk mengatasi situasi ini. Salah satunya adalah dengan bertransformasi ke media digital. Bagi Anda yang akan mulai mentransformasikan bisnis Anda ke online atau digital, Anda bisa mencoba menggunakan media sosial Instagram sebagai tempat untuk mengembangkan bisnis Anda. Hal ini dikarenakan Instagram menyediakan berbagai fitur yang dapat mendongkrak bisnis Anda. Salah satunya adalah Instagram Shopping. Untuk memahami lebih lanjut mengenai fitur Instagram Shopping ini, mari simak penjelasan berikut ini.

 

Apa itu Instagram Shop?

Instagram Shop adalah fitur yang disediakan oleh media sosial Instagram untuk membantu bisnis mengintegrasikan katalog produk mereka dengan profil Instagram. Dengan Instagram Shop, ini memungkinkan bisnis untuk mempromosikan produknya secara langsung ke pengguna Instagram melalui postingan di feed, story, di tab Explore, dan di tab khusus Shop di profil.

 

Tampilan Shopping Tab di Instagram Account

Pertama-tama, klik shopping tab. Di dalam shopping tab akan ada list barang dan harga barang yang Anda jual.

Lalu, saat Anda meng-klik salah satu produk, Anda bisa melihat detail atau info lebih lanjut dari produk tersebut dengan mengklik “view on website”. Menu “view on website” ini bisa Anda bisa Anda sambungkan atau arahkan ke Facebook, website Anda, atau ke marketplace.

 

Cara Membuat Instagram Shopping

  1. Pastikan akun Instagram bisnis Anda telah disetujui atau approved untuk penggunaan fitur Instagram Shopping.
  2. Bagi akun yang belum approved, Anda bisa melakukan langkah-langkah berikut.
  1. Langkah selanjutnya adalah membuka Business Manager dan secara manual membuat katalog produk Anda. Adapun produk yang bisa dimasukkan adalah produk fisik, bukan jasa.
  2. Setelah membuat catalogue shopping di facebook page, masuk ke Instagram. Di Instagram, klik profile. Pilih tiga garis di bagian kanan atas, lalu pilih settings. Pilih menu business, kemudian pilih menu shopping. Setelah itu, pilih sambungkan katalog produk yang ada di facebook page
  3. Setelah menyambungkan, Anda bisa melihat menu shop di akun Instagram Anda. Namun, dalam beberapa kasus, menu shop tidak akan langsung muncul di profile akun Instagram Anda. Hal ini dikarenakan adanya proses approval oleh pihak Instagram. Jadi, Anda perlu menunggu untuk proses approval-nya selama beberapa waktu.

 

Tips Memanfaatkan Instagram Shopping Secara Efektif Dengan Baik dan Benar

  1. Product tagging

Jangan tag terlalu berdekatan, karena bisa membuat orang menjadi bingung

  1. Ikuti algoritma Instagram

Pastikan Anda mengikuti algoritma Instagram agar produk yang telah di-tag bisa muncul di halaman explore.

  1. Gunakan hashtag popular

Agar muncul di halaman explore, Anda harus sering-sering menggunakan hashtag popular, yang punya banyak jumlah tag.

 

Itulah sedikit penjelasan mengenai fitur Instagram Shopping, termasuk cara dan tips menggunakan Instagram Shopping agar bisnis Anda dapat berkembang di tengah pandemi ini.  Bagi Anda yang tertarik untuk menggunakan fitur Instagram Shopping ini dalam membantu mengembangkan bisnis Anda, maka Anda bisa menonton langkah-langkahnya di video berikut ini.

Avatar
Zunvindri
Zunvindri bergabung di Next Digital Indonesia sebagai Content Writer. Zunvindri memiliki hobi menulis, menonton drama dan film, serta travelling.