Tutorial Cara Mengaktifkan IG Shopping Untuk Jualan Online (UPDATE TERBARU!!)

IG Shopping

Jika di artikel sebelumnya, telah membahas mengenai tips jualan online dengan IG Shopping dan tips agar IG Shopping Anda dapat di-approve, maka pada kesempatan kali ini, kami akan membahas mengenai kabar atau update terbaru dari IG Shopping beserta cara mengaktifkannya. Berikut ini adalah penjelasannya.

 

Update Terbaru IG Shopping Indonesia

Kabar menggembirakan datang dari Facebook bahwa pada bulan Oktober 2020 lalu, IG Shopping telah resmi mulai tersedia di Indonesia. Instagram Shopping secara resmi memasuki dan mengayomi masyarakat Indonesia yang menggunakan Instagram. Seiring dengan dengan update terbarunya ini, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Beberapa diantaranya.

  1. Proses IG Shopping Indonesia Berjalan Secara Bertahap

Meski Instagram Shopping telah resmi diumumkan oleh Facebook di Indonesia, tetapi prosesnya masih bertahap. Jika dulu hanya dapat diproses setelah memiliki Facebook Account Manager, maka saat ini, Anda tetap bisa menggunakan Instagram Shopping tanpa harus memiliki Facebook Account Manager. Hanya saja, prosesnya masih bertahap. Facebook perlu terlebih dahulu menilai mengenai kelayakan dari akun Facebook dan Halaman atau akun profesional Instagram Anda. Adapun hal yang diperhatikan dapat berupa berapa lama Anda exist di Instagram, berapa banyak followers yang dimiliki, dan apakah Anda melakukan banyak posting jualan.

  1. IG Shopping Akan Tersedia untuk Feed, Explore, dan Shop Directory

Menurut Country Director Facebook Indonesia, Pieter Lydian, update Instagram Shopping ini akan tersedia di beberapa bagian Instagram, yaitu feed, explore, IGTV, dan shop directory.

  1. Harus Menggunakan Website Sendiri

Jika sebelumnya, untuk menggunakan fitur Instagram Shopping, Anda bisa menggunakan link marketplace, maka pada update terbaru ini, Anda sudah tidak bisa lagi menggunakan link marketplace, seperti Shopee. Sekarang, Anda harus mempunyai website dengan e-commerce sendiri, seperti Shopify dan Woocommerce. Dengan menggunakan platform tersebut, itu akan memudahkan Anda untuk langsung roll out ke Instagram Shopping. Jadi, Anda harus punya website sendiri dengan katalog sendiri juga. Tidak bisa lagi menggunakan marketplace sebagai katalog atau tempat shopping Anda.

  1. Proses Verifikasi oleh Human Reviewer

Untuk menjaga keamanan proses roll out Instagram Shopping Indonesia, Facebook masih menggunakan yang namanya human review atau manual review. Human review yang dimaksud adalah bahwa akan ada orang yang benar-benar mengecek kelayakan akun Instagram Anda. Mulai dari barang yang dijual, apakah Anda telah memenuhi standar dan ketentuan yang berlaku, serta memastikan barang-barang yang dijual adalah barang fisikal bukan jasa. Oleh karena sifatnya yang human review, maka ada time delay atau lag dan time consuming karena diperiksa secara manual satu per satu.

  1. Belum Bisa Menggunakan Facebook Pay

Berbeda dengan Instagram Shopping di luar negeri, di Indonesia, Anda belum bisa menggunakan fitur Facebook Pay. Facebook Pay sendiri adalah sebuah payment portal yang disediakan oleh Facebook.

 

Itulah beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam update terbaru fitur IG Shopping Indonesia. Dengan adanya update terbaru ini, Anda tentunya perlu kembali memahami bagaimana cara mengaktifkan fitur Instagram Shopping. Berikut ini adalah step by step cara mengaktifkan fitur IG Shopping.

 

Step by Step Bagaimana Cara Mengaktifkan Instagram Shopping

Berikut ini adalah step by step cara mengaktifkan fitur IG Shopping.

  1. Buka Catalogue Manager. Pastikan Anda telah memiliki katalog yang aktif untuk menjalankan fitur IG Shopping.
  2. Jika belum, Anda bisa mulai membuat katalog dengan memasukkan gambar, nama produk, deskripsi produk, link produk, sampai harga. Note: sejak update bulan Oktobr 2020, Anda sudah tidak bisa menggunakan marketplace, seperti Shopee atau Tokopedia untuk website produk. Jadi, harus website milik sendiri.
  3. Setelah katalog telah siap, pilih shops dan go to shops.
  4. Di sini, Anda telah masuk ke page Create Your Shop. Di tahap ini, Anda bisa memilih bagaimana followers atau calon konsumen bisa mempelajari produk lebih lanjut. Kami menyarankan untuk memilih your website Hal ini dikarenakan jika Anda memilih Checkout on Facebook or Instagram, fitur ini belum tersedia di Facebook Indonesia. Setelah itu, klik Get Started.
  5. Setelah itu, pilih Business Manager yang digunakan sebagai Business Page.
  6. Scroll ke bagian paling bawah halaman. Lalu, klik Next.
  7. Di tahapan ini, Anda harus memberikan Account Details, seperti nama Account Business dan keterangan Business Manager yang Anda pilih di tahapan sebelumnya. Klik Next.
  8. Setelah klik Next, Anda akan diminta untuk mengisi alamat email aktif yang berhubungan dengan bisnis.
  9. Setelah seluruh tahapan Account Details selesai, centang box untuk menyetujui merchant agreement atau perjanjian perdagangan. Lalu, klik Create Your Shop.
  10. Anda pun akan dibawa ke halaman commerce manager dengan notifikasi bahwa Anda sudah bisa mengatur IG Shopping.
  11. Klik Settings dan pastikan bahwa Instagram Anda sudah terhubung dengan akun Instagram yang benar.
  12. Setelah selesai semua tahapan di Facebook, Anda bisa beralih ke Instagram dan akan terlihat fitur Add Shop. Klik menu tersebut.
  13. Akhirnya, akun Anda akan di-review secara keseluruhan untuk bisa menggunakan fitur IG Shopping. Proses review sendiri akan cukup memakan waktu, bisa seminggu atau lebih, karena proses review ini dilakukan oleh human reviewer. Jadi, Anda harus bersabar dan memastikan semua detail yang dimasukkan sudah benar.

 

Itulah step by step cara mengaktifkan fitur IG Shopping. Untuk mempelajari yang lanjut mengenai langkah-langkah mengaktifkan fitur IG Shopping, bisa Anda peroleh dengan menonton video di bawah ini atau melalui website official Next Digital Indonesia di nextdigital.co.id.

Avatar
Zunvindri
Zunvindri bergabung di Next Digital Indonesia sebagai Content Writer. Zunvindri memiliki hobi menulis, menonton drama dan film, serta travelling.